prakarya – christmas tree

Ya, saya merayakan natal. Sama seperti tahun-tahun yang lalu. Dan jatah natalan tahun ini adalah di Jogja. Natal kedua bareng sama istri πŸ™‚ YEAY!!

Nah, natalan kurang lengkap rasanya tanpa pohon natal. Maka berencanalah saya untuk membeli sebuah pohon natal. At least, menghias pohon natal bareng sama buguru bisa jadi kegiatan pas buguru liburan di Jogja. Kepikiran untuk beli pohon natal plastik standart yang banyak di jual di toko-toko, tapi kok rasanya kurang afdol, dan terlalu mainstream. Kepikiran juga buat beli pohon cemara beneran, biar nantinya bisa ditanem di halaman, tapi berarti, taun depan ga bisa dipake lagi, karena otomatis, pohonnya jadi lebih gedhe.

Pikir punya pikir, gimana kalo bikin sendiri aja dengan bahan-bahan yang ada. Pohon natal yang sederhana. Alhasil, berbekal spon ati, semacam bahan yang sering digunakan sebagai matras, maka dimulailah prakarya buat natal tahun ini. Cara bikinnya sempat saya share di twitter seminggu yang lalu.

Bahan dasarnya bisa macam-macam. Bisa dari kardus rokok, karton, spon ati, atau bahkan triplek. Pilih sesuai selera. Saya memilih pakai spon ati, karena di rumah kebetulan ada sisa spon ati satu lembar besar dengan ketebalan 1 cm. Untuk ukurannya, itu juga sesuai kebutuhan. Mau bikin dengan ukuran besar atau kecil, bebas aja. Untuk toolsnya, jika menggunakan spon ati atau kardus atau karton; cukup gunting, atau cutter dan pensil. Untuk yang bahan dasarnya triplek, jelas butuh gergaji triplek, pensil dan amplas.

Ini langkah-langkahnya:

1. Dengan pensil, gambar pola untuk bikin mal-malan. Kalo sudah mahir menggambar, langsung dibuat di bahan yang mau dipakai. Buat yang gak jago nggambar kaya saya. lebih baik di draft dulu di kertas, sebagai panduan ketika bikin pola di bahan dasar.

pola

2. Jika sudah dibuat itu polanya, gambar di bahan dasar dan potong. Buat satu piece dulu. Piece pertama itulah yang akan digunakan untuk guide pieces selanjutnya.

potong

3. Sudah jadi satu piece, gunakan untuk bikin pieces selanjutnya. Buat antara 5 – 6 pieces. Banyaknya pices ini juga terserah selera. Saya sendiri bikin 5 .

pola dasar

sudah mulai keliatan bentuknya

4. Nhah..sudah mulai keliatan bentuknya akan seperti apa. Selanjutnya adalah bikin pengaitnya. Metode pengaitnya adalah sama dengan puzzle hadiah langsung yang dulu sering kita dapet dari chiki. Potong bahan dasar dengan bentuk lingkaran, dan “dikrowaki” dikit di tepinya. Krowakan itulah yang fungsinya nanti akan jadi pengait dengan bagian utama dari si pohon natal. Jangan lupa, bagian utama juga “dikrowak” yaa..

pengait

dikrowak :)

5. Kalo sudah dikrowak, tinggal disatukan. Dirangkai.

potongan utama dan pengait

jadi deh

6. Sudah jadi…Untuk finishingnya, tinggal di cantolin deh lampu natal dan hiasan-hiasan natal sesuai selera dan duit yang kamu punya. Untuk warna pohonnya, sesuai selera yaa..Keuntungan dari pohon yang warnanya putih adalah efek pantulan cahaya yang keluar ketika sudah dipasangi lampu natal. Seperti ini nih jadinyaa…

your very own christmas tree

VOILA!! Your very own christmas tree…

Aktivitas bikin pohon natal ini bisa juga buat anak-anak juga, asalkan benar-benar dikawal saat pembuatannya karena menggunakan benda-benda tajam seperti gunting atau cutter.

Have a merry christmas and happy new year!! Happy Holiday!! minal aidzin wal faidzin….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s